Apakah kamu masih ingat mengenai sejarah dari bangsa kita? Beberapa sejarah yang akan di ingat oleh semua orang adalah Hari Proklamasi, kejadian G30SPKI.
Tetapi terdapat beberapa sejarah yang tidak banyak orang tahu, entah karena tidak ada di buku pengetahuan atau memang tidak etis untuk dibicarakan.
Apakah kamu penasaran dengan beberapa sejarah yang masih jarang diketahui tersebut? Yuk simak ulasan di bawah.

1.Pulau Run

Pulau Run

Sejarah pertama yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang adalah tentang Pulau Run.
Pulau Run adalah pulau yang terletak di kepulauan Banda, Maluku. Ukuran dari pulai ini tergolong kecil yaitu hanya 3,2 KM dengan lebar 1 KM.Walaupun pulau tersebut kecil. Namun terdapat harta karun bagi Belanda dan juga Inggris karena pulau ini memiliki rempah Pala yang pada abad ke-17 memiliki harga yang mahal.

2.Permainan Dakon

Permainan Dakon

Asing dengan nama Dakon? Tentu kamu tahu congklak bukan? Dua nama tersebut adalah permainan yang sama.
Permainan tradisional ini menggunakan sebuah papan kayu yang terdapat 14 cekungan dan membutuhkan setidaknya 98 dakon yang bisa berupa batu, biji-bijian dan lain sebagainya.
Tapi tahukah kamu? Bahwa sebenarnya permainan ini sudah ada sangat lama di Indonesia lho,
Permainan ini dikethaui berasal dari zaman mesir kuno sekitar abad ke-4 masehi dan menyebar ke area Asia Tenggara sekitar abad 15 lewat jalur perdagangan.

3.Java dalam Pemograman

Java dalam Pemograman

Kalau kamu anak IT pasti sudah tidak asing dengan kata Java bukan? Biasanya kata ini merupakan nama pemograman seperti JavaScript.
Ternyata nama tersebut berasal dari kopi Jawa yang dikenal memiliki citarasa yang tinggi dan salah satu jenis kopi Arabica terbaik di dunia.
Awalnya penemu dari Java yaitu James Goslig dan juga Mike ingin memberikan nama yang tidak biasa.
Kemudian mereka menemukan pohon yang tumbuh di samping kantor mereka. Namun sayangnya nama dari pohon tersebut sudah digunakan oleh perusahaan lain.
Namun, akhirnya ia mengambil inspirasi dari kopi yang setiap hari ia minum, ia mencari tahu tentang kopi apa yang digunakan dan ditemukanlah kopi tersebut adalah Java Coffee.

4.Manusia Kanibal

Manusia Kanibal

Kanibalisme adalah tindakan yang sangat di tentang di seluruh dunia, karena kanibalisme adalah orang yang memiliki kelainan untuk memakan daging manusia.
Namun nyatanya di Indonesia tidak hanya sumanto yang pernah memakan manusia, pada 1292 Marco Polo pada saat itu yang sedang berada di Indonesia menemukan manusia pemakan sesama di Sumatera.

5.Kain Bendera Pusaka.

Kain Bendera Pusaka.

Tentu kamu sudah tahu bahwa bendera Pusaka Indonesia dijahit oleh istri dari Bung Karno bukan? Tapi yang ini pasti kamu belum tahu kan?
Faktanya bahan yang digunakan oleh ibu Fatmawati adalah hasil dari kain sprei penjual oto pada masa itu.
Untuk warna putih kain tersebut merupakan kain sprei yang ibu Fatmawati temukan dilemari miliknya dan untuk bahan merah merupakan kain sprei milik penjual soto yang ia beli pada saat itu.

Nah, itulah beberapa sejarah yang tidak banyak orang tahu. Semoga bermanfaat ya.